Tidak Ada Layanan Google di Ponsel Milik Orang Tiongkok – There are no Google Services in Chinese’s Handphones


Tiongkok tanpa Google ! Itulah salah satu bentuk lose – lose scenario yang mungkin diambil Google Inc untuk mengakhiri perselisihan dengan pemerintah Tiongkok terkait kasus penyensoran dan pembobolan data (hacking) yang tak kunjung jelas penyelesaiannya.


Apabila Google ditarik dari Tiongkok, maka tidak akan ada lagi layanan peta (Google Map) dalam ponsel milik penduduk negara tersebut. Selain itu, upaya Tiongkok untuk memerangi pembajakan melalui layanan musik gratis via ponsel juga akan berada di ambang kehancuran.

Sementara itu, berita yang tersiar di Tiongkok melaporkan bahwa Google akan menutup situs resminya di Negeri Panda itu, google.cn. Namun, Juru Bicara Google, Scott Rubin, menolak mengomentari rumor penutupan tersebut. Bahkan, CEO Google, Eric Smith pekan lalu menyatakan bahwa sesuatu akan terjadi dalam waktu dekat. Menanggapi hal tersebut, sekali lagi Rubin menolak memberikan detail perubahan tersebut.

Selama ini, China Mobile Ltd. merupakan perusahaan telepon berlangganan terbesar di Tiongkok dengan 527 pelanggan yang menggunakan Google dalam layanan mesin pencari data dan peta.

Source : Tak Ada Layanan Google di Ponsel, koran Jawa Pos edisi Rabu 17 Maret 2010 halaman 6

share
Social Bookmarking

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: